Home » Berita Sepeda » Mengenal Kembali Sepeda Onthel

Mengenal Kembali Sepeda Onthel

Banyak orang yang tahu sepeda onthel, namun hanya sedikit yang benar-benar tahu banyak soal sepeda jaman dulu ini. Maklum saat ini sepeda onthel yang dulu adalah alat transportasi bergengsi, kini sudah tergeser oleh sepeda-sepeda modern dan alat transportasi lainnya.

Pengetahuan yang baik soal sepeda onthel, kini hanya dimiliki oleh para pecinta sepeda onthel dan orang-orang tua yang sempat mengalami zaman kejayaan sepeda ini. Generasi muda nyaris tak tahu banyak soal sepeda tua ini. Mereka hanya tahu bentuk sepeda onthel tanpa tahu macam-macamnya, dan cerita-ceritanya.

Nah, baru-baru ini Penerbit KPG dan Bentara Budaya menerbitkan buku soal sepeda onthel. Judul buku itu adalah; “Pit Onthel” yang merupakan salah satu buku “Seri Lawasan” yang akan diterbitkan. Buku “Seri Lawasan” adalah serial buku yang membahas barang-barang tempo dulu yang akan diterbitkan KPG dan Bentara Budaya.

Pit Onthel artinya sepeda onthel. Pit adalah sebutan untuk sepeda di masyarakat Jawa Tengah yang berasal dari Bahasa Belanda. Sesuai dengan judulnya, buku Pit Onthel membahas seluk beluk mengenai sepeda onthel. Di buku yang tidak terlalu tebal dan berbahan kertas mengkilap ini, di bahas semua merek sepeda onthel. Mulai dari merek Simplek, Triumph, Gazelle, dan lain-lain. Masing-masing merek dilengkapi dengan penjelasan sejarah perusahaan dan gambar merek itu. Juga ada gambar sepeda onthel dari berbagai merek yang masih eksis, yang merupakan koleksi para pecinta sepeda onthel.

Dalam buku ini, juga ada gambar macam-macam aksesoris sepeda onthel, mulai dari lampu lilin sampai lampu berko. Mulai dari tutup rante, sampai rem tangan, dan lain sebagainya. Juga ada gambar iklan-iklan sepeda onthel zaman dulu kala.

Selain itu, di buku itu juga ada artikel mengenai sejarah singkat sepeda beserta ilustrasinya. Ada juga cerita pendek tempo dulu soal sepeda, dan cerita atau kisah seorang mantan polisi dengan sepeda onthel kesayangannya.

Secara umum buku ini menyediakan informasi singkat namun padat mengenai sepeda onthel. Bisa dibilang ini merupakan ensiklopedi mini soal sepeda onthel. Bagi anda yang mencintai atau menggemari sepeda onthel, baik kolektor maupun hanya simpatisan, buku ini layak dimiliki. Bagi anda penggemar sepeda lainnya, buku ini juga layak dikoleksi. Karena buku ini akan menambah referensi anda mengenai dunia sepeda secara umum dan untuk mengenal kembali sepeda onthel.(dian)

 

 

Posted in Berita Sepeda, Buku Sepeda and tagged as , ,

3 comments on “Mengenal Kembali Sepeda Onthel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>