Home » Buku Sepeda » Kitab Suci Pesepeda Gunung

Kitab Suci Pesepeda Gunung

Jika ada yang bertanya buku apa yang paling cocok dibaca untuk pesepeda, khususnya pesepeda gunung? Tanpa ragu saya akan langsung menjawab: “Mountain Bike!: A Manual Beginning to Advanced Technique”. Buku karya William Nealy ini cocok dibaca siapa saja yang main sepeda gunung. Baik mereka yang baru mulai alias newbie sampai yang sudah ahli alias pemian senior.

Banyak pesepeda gunung yang mengakui buku ini bagus dan merekomendasikannya. Bahkan banyak yang menyebut buku ini sebagai “kitab suci”nya para pesepeda gunung. Di forum-forum sepeda gunung, ketika ada yang menanyakan bagaimana teknik bersepeda yang baik dan benar, banyak yang menjawad dengan meminta membaca dulu buku ini.

Rekomendasi untuk membaca buku biasanya hanya menarik bagi mereka yang suka membaca, lalu bagaimana bagi mereka yang tidak suka membaca? Tenang saja, buku ini sangat bersahabat bagi anda yang bukan kutu buku, karena mayoritas adalah gambar. Jadi isi buku tersebut lebih dekat dengan komik dibandingkan dengan buku. Banyak gambar yang mengilustrasikan teknik, sepeda, dan track dengan disertai tulisan penjelasan singkat.

Gambar-gambar di dalam buku ini juga lucu dan tidak kaku. Alih alih jidat berkerut, membaca buku ini justru akan membuat anda tersenyum bahkan terpingkal-pingkal. Tulisan penjelasan di dalam buku berbahasa inggris ini juga tidak berbentuk ketikan, melainkan berbentuk tulisan tangan. Jadi kesannya buku ini digambar dan ditulis dalam arti sebenarnya, bukan diketik. Ini menjadikan buku ini semakin unik.

Segala sesuatu yang anda inginkan terkait pengetahuan teknik bersepeda gunung ada di dalam “kitab suci” sepeda gunung ini. Mulai dari penjelasan geometri sepeda, penjelasan bagian-bagian track, dan macam-macam rintangan. Di bahas juga bagaimana cara menghindari dan menghadapi tabrakan atau jatuh, bagaimana melewati rintangan, dan teknik menakhlukkan tanjakan dan turunan curam. Serta banyak teknik lainnya mulai dari yang untuk pemula sampai yang sudah lama bersepeda.

Penulis ingin meyakinkan bahwa dengan pengetahuan yang baik dan teknik yang benar, bersepeda gunung itu menyenangkan. Tekniknya pun menyenangkan untuk dipelajari. Jadi bagi anda yang suka bersepeda khususnya sepeda gunung, buku ini layak anda baca.

Bagi yang berpendapat teori bersepeda tidak penting dan yang penting adalah praktek bersepeda, pendapat ini tentunya tidak sepenuhnya benar. Teori jelas perlu agar dalam praktek bisa lebih lancar dan meminimalisasi celaka. Meminjam kata-kata William Nealy, esensi bersepeda gunung itu: “Learning to do, not just doing”. Selamat membaca.

Bagi yang berminat untuk mengunduh buku (eBook) tersebut klik download 

Posted in Buku Sepeda, Tips & Trik and tagged as , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>